• Video
  • Menumbuhkan bisnis
    • Cerita Nasabah

Pembayaran Lancar dan Peningkatan Efisiensi dengan Omni Collect

Latar belakang dan ruang lingkup

PT FITLINE NUTRITION AND COSMETICS (FNC) merupakan anak perusahaan PM International Group yang berkantor pusat di Luxembourg, dengan lebih dari 45 anak perusahaan dan mitra distribusi di lebih dari 45 pasar. Perusahaan ini menyediakan rangkaian produk premium lengkap di bidang kesehatan, kebugaran, dan kecantikan.

Di Indonesia, FNC mendistribusikan produknya melalui anggota penjualan langsungnya. Pesanan dikirimkan melalui layanan pelanggan melalui telepon, email, atau platform pesan online. Situs eCommerce direct-to-consumer (D2C) yang baru direncanakan untuk menyalurkan pesanan penjualan secara online juga menunggu izin dari pemerintah.

Tantangan

Proses Order-to-Sales saat ini melalui layanan pelanggan sebagian besar masih bersifat manual, sehingga menimbulkan tantangan rekonsiliasi. Seringkali terdapat beberapa transaksi yang tidak teridentifikasi dan tidak cocok yang sangat berdampak pada operasi harian FNC.

FNC memutuskan untuk mengatasi masalah yang semakin rumit ini dengan satu mitra perbankan yang dapat memberikan solusi menyeluruh yang terintegrasi untuk mendukung model penjualan online dan offline, yang mendorong:

  • Proses faktur dan rekonsiliasi yang disederhanakan untuk memastikan pengiriman barang tepat waktu
  • Antarmuka yang ramah pengguna dan pembayaran sederhana dengan berbagai opsi pembayaran untuk pengalaman pelanggan yang unggul
  • Implementasi sederhana dengan sumber daya teknis terbatas

Transformasi

FNC menerapkan Omni Collect, salah satu solusi dari proses collection terkemuka di pasar untuk memenuhi tujuan pengumpulan mereka, sekaligus melengkapi proses penjualan yang didorong oleh tim layanan klien mereka.

Dalam proses pembayaran online digital, tim layanan pelanggan FNC memasukkan detail pesanan seperti jumlah dan harga pada aplikasi Whatsapp untuk membuat link pembayaran melalui Omni Collect. Tautan pembayaran menyediakan beberapa saluran pembayaran online termasuk kartu kredit, transfer bank, dan e-wallet. Untuk pembayaran offline, mesin EDC dan kode QR statis digunakan. Setelah pembayaran selesai, notifikasi Whatsapp dikirim ke layanan klien sementara notifikasi transaksi dikirim ke tim keuangan FNC untuk menyelesaikan pesanan dalam sistem untuk pengiriman. Pada akhir hari, tim keuangan menerima laporan collection untuk rekonsiliasi.

Sambil menyederhanakan proses pengumpulannya di Indonesia, FNC juga menerapkan pengunggahan file massal untuk meningkatkan efisiensi dalam pembayaran vendor, komisi, dan gaji. Dengan koneksi global HSBCnet ke kantor pusatnya di Belgia, masing-masing tim perbendaharaan dan keuangan dapat terus memantau posisi dan akses kas mereka hanya dengan sekali logon.

Kesuksesan

Pengalaman pembayaran online yang lebih baik bagi pelanggan FNC menggunakan pembayaran sederhana dengan beberapa opsi pembayaran.

Proses faktur yang disederhanakan untuk penjualan dan pengiriman lebih cepat.

Data yang lebih baik untuk memungkinkan rekonsiliasi cepat, meningkatkan efisiensi modal kerja secara keseluruhan.

Solusi yang diberikan oleh tim HSBC memungkinkan digitalisasi dan otomatisasi tertentu pada bisnis dan operasi kami, sehingga menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam standar layanan, proses internal, dan pengalaman keseluruhan bagi pelanggan, karyawan, dan mitra kami. Hal ini tentu saja memberikan manfaat yang sangat besar bagi bisnis, manajemen, dan sumber daya manusia kami secara keseluruhan.

Andreas Backman Micka | Direktur Utama FNC
HSBC Contact

Hubungi kami

Bicara, telepon atau buat perjanjian