Privasi dan Keamanan

Pemberitahuan Privasi ini (“Pemberitahuan“) berlaku untuk data dan informasi pribadi yang disimpan oleh PT Bank HSBC Indonesia (“HSBC” atau “kami”) dan setiap anggota HSBC Group (“HSBC Group” dan “anggota dari HSBC Group” berarti HSBC Holdings plc dan/atau afiliasi, anak perusahaan, entitas terkait dan setiap cabang dan kantornya).

Pemberitahuan Ini menjelaskan informasi apa yang kami kumpulkan tentang Anda, bagaimana kami akan menggunakan informasi tersebut, kepada siapa kami akan membagikannya, kapan kami akan mengungkapkannya, dan langkah-langkah apa yang akan kami ambil untuk memastikan informasi Anda tetap terjaga secara pribadi dan aman.

Prinsip-Prinsip Privasi Kami

Bisnis kami telah dibangun dengan kepercayaan yang terjalin antara kami dan para nasabah. Untuk menjaga kerahasiaan semua data dan informasi yang Anda berikan kepada kami, berikut adalah prinsip-prinsip privasi yang kami terapkan:

  1. Kami hanya mengumpulkan informasi dan data pribadi para nasabah dan individu yang berkaitan dengan bisnis nasabah-nasabah tersebut serta siapapun yang mengakses situs web ini, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang relevan. Para nasabah dan individu lain tersebut dapat mencakup orang-orang yang tersebut dalam Pernyataan Kami terkait Pengumpulan Informasi atau manapun dari mereka (secara kolektif “Anda”).
  2. Kami dapat menggunakan, memindahkan dan mengungkapkan informasi pribadi dalam rangka tujuan-tujuan yang dinyatakan dalam Pernyataan Kami terkait Pengumpulan Informasi di bawah ini (“Tujuan”).
  3. Kami dapat memberikan informasi pribadi kepada perusahaan lain dalam HSBC Group atau agen-agen atau penerima lainnya yang disebut dalam Pemberitahuan ini, selama diperlukan dan sesuai untuk Tujuan dan sepanjang diizinkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku.
  4. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi kepada siapapun kecuali dengan izin yang diperlukan atau apabila diwajibkan oleh undang-undang atau karena kewajiban terhadap publik atau telah memberitahukan hal tersebut kepada individu terkait sebelumnya atau memiliki tujuan bisnis yang sah yang memerlukan pengungkapan tersebut.
  5. Dari waktu ke waktu kami dapat harus mengungkapkan data dan informasi kepada badan pemerintahan atau pengadilan atau lembaga atau regulator kami, namun kami hanya akan melakukannya dengan ijin yang layak dan/atau dengan kepentingan/tujuan yang sah.
  6. Kami bertujuan untuk menjaga keakuratan dan kekinian dari informasi pribadi yang ada pada kami.
  7. Kami menerapkan sistem keamanan ketat yang dirancang untuk mencegah akses tidak sah atas informasi pribadi oleh siapapun, termasuk oleh staf kami.
  8. Secara khusus kami mewajibkan seluruh perusahaan dalam HSBC Group, semua staf kami dan pihak ketiga yang memiliki izin dalam mengakses informasi pribadi untuk mematuhi semua kewajiban kami terkait kerahasiaan serta data pribadi

Dengan mempertahankan komitmen atas prinsip-prinsip ini, kami memastikan bahwa HSBC akan menghormati kepercayaan hakiki yang telah diberikan kepada kami.

Privasi Anda Penting bagi Kami

Bagian ini berisi uraian mengenai cara kami memperlakukan informasi pribadi yang dapat Anda berikan atau ungkapkan kepada kami, termasuk ketika Anda mengunjungi situs ini.

Keamanan Data

  • Keamanan adalah prioritas utama kami. HSBC akan senantiasa memastikan bahwa data pribadi Anda akan dilindungi dari akses, pemrosesan atau penghapusan yang tidak sah atau tidak disengaja. Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan data ini dengan menerapkan sejumlah langkah-langkah fisik, elektronik dan manajerial dalam menjaga dan mengamankan data pribadi Anda.
  • Wilayah aman dari situs web kami mendukung penggunaan protokol Secure Socket Layer (SSL) dan teknologi enkripsi 128 bit – sebuah standar industri enkripsi data yang dikirim melalui internet untuk melindungi data. Ketika Anda memberikan informasi yang bersifat sensitif misalnya informasi kartu kredit, maka sebelum dikirim secara aman melalui internet informasi tersebut otomatis akan diubah menjadi kode.
  • Server web kami dilindungi oleh “firewall” dan sistim kami diawasi untuk mencegah akses oleh pihak yang tidak berwenang. Kami tidak akan mengirimkan informasi pribadi kepada Anda melalui email biasa. Karena keamanan email biasa tidak dapat dijamin, Anda harus mengirim email kepada kami dengan menggunakan fasilitas email aman di situs web kami.

Semua langkah yang memungkinkan akan diambil untuk memastikan bahwa data pribadi tidak akan disimpan lebih lama dari yang diperlukan dan bahwa kami akan mematuhi semua ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia terkait dengan penyimpanan informasi pribadi.

Jaminan Keamanan

  • Baik Anda maupun HSBC berperan penting dalam perlindungan atas penipuan secara daring. Anda harus berhati-hati agar rincian rekening bank Anda termasuk ID pengguna (user ID) dan/atau kata sandi (passwords) Anda terlindungi dengan memastikan bahwa Anda tidak membagikan, memberikan atau memfasilitasi penggunaan yang tidak sah, baik secara sadar maupun tidak. Jangan membagikan ID pengguna dan/atau kata sandi Anda atau mengizinkan orang lain mengakses atau menggunakan ID pengguna atau kata sandi Anda. Kami berupaya menerapkan standar yang tinggi untuk melindungi kepentingan Anda.
  • Anda harus menjaga ID pengguna dan kata sandi unik Anda dengan tetap merahasiakannya. Jangan pernah menuliskan atau membagikan kata sandi tersebut kepada siapapun. HSBC tidak akan pernah menanyakan kata sandi Internet Banking Anda, oleh karena itu dapat dipastikan bahwa Andalah satu-satunya yang mengetahui informasi ini. Saat Anda pertama kalinya membuat ID pengguna dan kata sandi unik, jangan menggunakan informasi yang mudah dikenali seperti tanggal kelahiran, nomor telepon atau bagian nama Anda yang mudah diketahui. Jika Anda pikir ID pengguna dan/atau kata sandi Anda telah diberitahukan kepada pihak ketiga, hilang atau tercuri dan transaksi tidak sah mungkin telah dilakukan, Anda bertanggung jawab untuk segeramelaporkannya kepada kami.

Pengumpulan Informasi Pribadi

  • Penggunaan Cookies, Spotlight Tags dan Web Beacons, dll.

Kunjungan Anda pada situs ini akan terekam untuk menganalisa jumlah pengunjung situs dan pola penggunaan umum. Beberapa informasi ini akan dikumpulkan melalui penggunaan "cookies". Cookies merupakan bit kecil informasi yang secara otomatis tersimpan di browser web seseorang yang ada dalam komputer mereka dan dapat diambil melalui situs ini. Jika Anda ingin menonaktifkan cookies ini, Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan di browser Anda.

Cookies membuat kami dapat mengenali perangkat Anda, dan cookies menyimpan informasi mengenai penggunaan Anda atas situs/aplikasi ini. Informasi tersebut membuat kami dapat menyediakan fitur-fitur yang dapat Anda anggap berguna, untuk menyesuaikan isi dari situs web dan aplikasi mobile kami agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan, jika pengaturan preferensi marketing Anda mengijinkan, untuk menyediakan kepada anda materi-materi promosi atau marketing langsung sesuai dengan pola pemakaitan Anda. Pengaturan awal dari kebanyakan browser adalah untuk menerima cookies. Apabila Anda ingin, Anda dapat mengatur browser Anda untuk menonaktifkan cookies atau untuk memberitahu Anda ketika terjadi pengaturan cookies. Akan tetapi, dengan menonaktifkan cookies, Anda kemungkinan tidak dapat memperoleh keuntungan maksimal dari situs web kami, termasuk Internet Banking HSBC.

Apabila Anda menerima cookies ketika Anda menggunakan situs ini atau Anda tetap menggunakan aplikasi ini, Anda akan mengakui bahwa informasi Anda dikumpulkan, disimpan, diakses dan digunakan sebagaimana yang dinyatakan di atas.

HSBC juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga termasuk agensi manajemen data (data management agencies) dan platform jaringan iklan (ad networks) (seperti Eloqua) untuk melakukan riset terhadap penggunaan dan aktivitas tertentu atas bagian-bagian dari situr kami atas nama Anda. Eloqua menggunakan teknologi seperti spotlight monitoring, web beacons dan cookies untuk mengumpulkan informasi bagi riset ini. Informasi yang dikumpulkan melalui teknologi sepert cookies, spotlight tags, dan web beacons dll tersebut digunakan untuk lebih mengetahui pengguna, termasuk demografi dan tingkah laku serta pola penggunaan pengguna, untuk pelaporan yang lebih akurat dan untuk meningkatkan efektivitas dari marketing kami. Informasi yang direkam melakukan penggunaan perangkat-perangkat tersebut diagregasi dan kemudian dibagikan kepada kami. Sebagai bagian dari informasi yang kami bagi dengan mereka, kami dapat memberikan pengidentifikasi periklanan dan “installation event” (yang berarti data terkait kapan Anda pertama kali menginstal atau menggunakan situs ini). Tidak ada informasi pengenal pribadi mengenai Anda yang dikumpulkan atau dibagi dengan HSBC oleh Eloqua sebagai akibat dari riset ini. Apabila Anda ingin menonaktikan cookies yang terkait dengan teknologi-teknologi ini seperti spotlight tags dan/atau web beacons dll, Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan pada browser Anda. Akan tetapi, Anda mungkin tidak dapat memasuki bagian(-bagian) tertentu dari situs web kami, termasuk HSBC Internet Banking.

Promosi Pemasaran

Terkadang kami akan mengumpulkan informasi pribadi dari pengunjung situs ini. Informasi tersebut dikumpulkan hanya dari individu yang secara sukarela memberikan informasi pribadi mereka kepada kami.

Anda dapat memilih untuk menerima materi pemasaran dan promosi lainnya melalui email dan Anda tetap berkesempatan untuk berhenti/opt-out (menolak menerima penawaran tersebut).

Jika suatu saat Anda menginginkan kami untuk menghentikan pengiriman surat langsung, Anda dapat menghubungi Corporate Call Center kami dengan menghubungi 1500237 / (62-21) 25514777 atau mohon lengkapi formulir online ini. Tanpa dikenakan biaya apapun, kami akan menindaklanjuti permintaan Anda dalam waktu 30 hari dan memastikan bahwa Anda tidak akan diikutsertakan dalam promosi pemasaran langsung berikutnya di masa yang akan datang.

Apabila kami meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi, kami akan selalu menjelaskan tujuan pengumpulan informasi pribadi tersebut dan memastikan bahwa informasi tersebut hanya digunakan untuk tujuan yang telah kami jelaskan pada saat permintaan informasi.

Pernyataan Pengumpulan Informasi Kami

Pernyataan ini dibuat oleh HSBC sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada peraturan perundang-undangan tentang Perlindungan Data Pribadi, ketentuan terkait penerapan program Program Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT). Pernyataan ini dimaksudkan untuk memberitahu Anda mengapa data pribadi dikumpulkan, bagaimana data tersebut digunakan dan kepada siapa permintaan akses data harus ditujukan.

Pengumpulan Data

a. Kami dapat mengumpulkan data nasabah, pihak ketiga dan/atau individu-individu terkait sehubungan dengan tujuan-tujuan yang dinyatakan dalam Pernyataan ini. Para nasabah, para pihak ketiga dan individu lain tersebut dapat mencakup orang-orang berikut atau manapun dari mereka:

  • pemohon untuk layanan perbankan atau finansial;
  • orang-orang yang memberikan atau mengajukan untuk memberikan penanggungan atau jaminan untuk kewajiban yang terhutang kepada kami;
  • orang-orang yang terkait dengan suatu nasabah atau suatu pemohon yang bukan seorang individu, termasuk pemilik/penerima manfaat akhir (beneficial owner) dan para pejabat dari nasabah atau pemohon tersebut, atau dalam hal suatu trust, termasuk trustee, settlors, protectors dan pemilik/penerima manfaat akhir (beneficial owner); dan
  • orang-orang lain yang relevan terhadap hubungan suatu nasabah dengan kami, termasuk penyedia layanan pihak ketiga yang dengan siapa nasabah berinteraksi sehubungan dengan pemasaran produk dan layanan kami dan sehubungan dengan permohonan nasabah untuk produk dan layanan kami (termasuk agensi rujukan kredit).

b. Apabila data yang kami minta tidak diberikan, kami dapat tidak bisa menyediakan (atau terus menyediakan) produk atau layanan kepada Anda atau kepada nasabah atau pemohon relevan yang terkait dengan Anda.

c. Data dapat:

  1. dikumpulkan dari Anda langsung, dari seseorang yang bertindak atas nama Anda atau dari sumber lain; dan
  2. digabung dengan data lain yang tersedia untuk anggota-anggota HSBC Group.

Penggunaan Data

d. Kami akan menggunakan data untuk tujuan-tujuan sebagai berikut atau salah satu darinya (yang dapat berbeda bergantung pada sifat dari hubungan Anda dengan kami):

  1. mempertimbangkan dan memproses permohonan untuk produk dan layanan serta operasional harian produk dan layanan (termasuk fasilitas-fasilitas kredit yang diberikan kepada anda atau nasabah relevan yang terkait dengan Anda);
  2. menjalankan pengecekan kredit ketika keadaan sesuai (termasuk setelah suatu permohonan untuk kredit konsumen (termasuk pinjaman rumah) dan ketika kami melakukan peninjauan kredit yang biasanya dilakukan satu atau beberapa kali setiap tahun);
  3. membuat dan mempertahankan model-model terkait kredit dan risiko kami;
  4. membantu penyedia-penyedia kredit lainnya di Indonesia untuk melakukan pengecekan kredit dan menagih hutang;
  5. memastikan keberlanjutan atas kelayakan dan reputasi yang baik kredit Anda;
  6. mendesain produk dan layanan keuangan (termasuk asuransi, kartu kredit, sekuritas, komoditas, investasi, perbankan dan produk dan layanan terkait) untuk dapat anda gunakan;
  7. menentukan jumlah yang terhutang kepada atau oleh Anda;
  8. pelaksanaaan hak-hak kami menurut kontrak-kontrak dengan anda, termasuk penagihan hutang dari Anda;
  9. pemenuhan kewajiban-kewajiban, persyaratan-persyaratan atau pengaturan-pengaturan kami atau anggota-anggota HSBC Group, baik yang merupakan keharusan atau bersifat sukarela, untuk mematuhi atau terkait dengan:
    1. undang-undang, peraturan, keputusan, perintah pengadilan, rezim sanksi, di dalam atau diluar Indonesia, yang ada saat ini atau di masa mendatang (“Hukum”);
    2. pedoman, panduan atau permintaan yang diberikan atau diterbitkan oleh otoritas hukum, pembuat peraturan, pemerintahan, pajak, penegak hukum atau otoritas lainnya, atau badan pengatur-mandiri atau badan atau industri atau asosiasi penyedia jasa layanan keuangan di dalam atau diluar Indonesia yang telah ada saat ini dan di kemudian hari dan pedoman internasional, kebijakan dan prosedur internal manapun;
    3. kesepakatan kontraktual atau komitmen yang ada saat ini atau di kemudian hari dengan badan hukum, pembuat peraturan, peradilan, administrative, publik atau badan penegak hukum, atau otoritas pemerintahan, pajak, pendapatan, moneter, sekuritas atau pasar futures, pengadilan, bank sentral atau otoritas lainnya, atau atau badan pengatur-mandiri atau badan atau industri atau asosiasi penyedia jasa layanan keuangan atau agen-agennya dengan jurisdiksi atas seluruh atau suatu bagian dari HSBC Group (bersama-sama dan sendiri-sendi disebut “Otoritas”) yang ditanggung oleh, dibebankan pada atau diberlakukan kepada kami atau anggota dari HSBC Group;
    4. perjanjian atau traktat antar Otoritas;
  10. kepatuhan terhadap kewajiban, ketentuan, kebijakan, prosedur, langkah atau pengaturan untuk pembagian data dan informasi dalam HSBC Group dan/atau penggunaan lain atas data dan informasi sesuai dengan program apapun untuk kepatuhan dengan sanksi atau pencegahan atau pendeteksian kegiatan pencucian uang, pembiayaan teroris atau kegiatan tidak sah lainnya;
  11. pengambilan tindakan apapun untuk pemenuhan kewajiban-kewajiban kami atau anggota manapun dari HSBC Group dalam memenuhi Hukum atau pedoman internasional atau permintaan menurut peraturan terkait atau sehubungan dengan pendeteksian, penyelidikan dan pencegahan pencucian uang, pembiayaan teroris, suap, korupsi, pengelakkan pajak, penipuan, pengelakkan sanksi ekonomi atau dagang dan/atau tindakan atau usaha untuk menghindari atau melanggar Hukum apapun berkenaan dengan hal-hal tersebut;
  12. pemenuhan kewajiban-kewajiban kami atau anggota dari HSBC Group untuk memenuhi tuntutan atau permintaan dari Otoritas;
  13. memungkinkan penerima hak atas seluruh atau bagian apapun dari bisnis dan/atau aset kami atau (para) partisipan atau sub-partisipan atas hak-hak kami, baik calon maupun aktual, terkait dengan Anda untuk mengevaluasi transaksi yang dimaksudkan sebagai subyek dari pengalihan hak, partisipasi atau sub-partisipasi dan memungkinkan penerima hak aktual tersebut untuk menggunakan data Anda dalam pengoperasian bisnis atau hak-hak yang dialihkan; dan
  14. tujuan-tujuan lain yang berkaitan dengan tujuan-tujuan tersebut di atas.

Pengungkapan Data

e. Data yang kami atau suatu anggota HSBC Group pegang akan dijaga kerahasiaannya akan tetapi kami atau suatu anggota HSBC Group dapat memberikan data kepada pihak-pihak berikut atau salah satu dari mereka (apakah di dalam atau di luar Indonesia) untuk tujuan-tujuan yang ditentukan dalam ayat (d) di atas:

  1. agen-agen, kontraktor-kontraktor, sub-kontraktor sub-kontraktor atau asosiasi dari HSBC Group (termasuk para karyawan, pejabat, agen, kontraktor, penyedia layanan dan penasihat profesional mereka);
  2. penyedia layanan pihak ketiga yang memberikan layanan kepada kami atau anggota manapun dari HSBC Group sehubungan dengan operasional atau pemeliharaan bisnis kami (termasuk para karyawan dan pejabat mereka);
  3. Otoritas manapun;
  4. orang-orang yang tunduk pada suatu kewajiban kerahasiaan kepada kami atau suatu anggota dari HSBC Group yang telah menyanggupi untuk menjaga kerahasiaan data tersebut;
  5. bank penarik yang memberikan salinan dari cek yang sudah dibayar (yang dapat memuat data mengenai penerima pembayaran) kepada penarik;
  6. orang-orang yang bertindak atas nama Anda yang datanya diberikan, para penerima pembayaran, penerima manfaat, account nominee, perantara, bank koresponden dan agen, lembaga-lembaga kliring, sistem kliring atau setelmen, pihak-pihak lawan transaksi market, agen withholding hulu, repositori swap atau trade, pasar modal, perusahaan-perusahaan dimana Anda memiliki kepentingan dalam bentuk sekuritas (dimana sekuritas tersebut disimpan oleh kami atau anggota manapun dari HSBC Group) atau orang-orang yang melakukan pembayaran ke rekening nasabah;
  7. agensi-agensi rujukan kredit (termasuk operator dari database tersentralisasi manapun yang digunakan oleh agensi rujukan kredit), dan, dalam hal wanprestasi, kepada agensi-agensi penagih hutang;
  8. orang-orang kepada siapa kami atau anggota HSBC Group berkewajiban atau harus atau diharapkan untuk melakukan penggungkapan untuk tujuan-tujuan yang dimuat dalam, atau terkait dengan, paragraf d.10, d.11 atau d.12 diatas:
  9. penerima pemindahan dari kami atau partisipan atau sub-partisipan atau penerima pengalihan atas hak-hak kami terkait dengan Anda;
  10. orang-orang yang memberikan atau mengajukan pemberian penanggungan atau jaminan untuk menanggung atau menjamin kewajiban-kewajiban Anda kepada kami; dan
    1. anggota manapun dari HSBC Group;
    2. institusi-institusi keuangan pihak ketiga, penyedia asuransi, perusahaan-perusahaan kartu kredit, penyedia layanan sekuritas dan investasi;
    3. penyedia pihak ketiga untuk program reward, loyalti, co-branding dan privileges;
    4. rekanan co-branding kami atau anggota HSBC Group (nama-nama rekanan co-branding tersebut akan diberikan ketika proses permohonan untuk produk dan layanan yang terkait, sebagaimana dapat terjadi);
    5. organisasi-organisasi sosial atau nirlaba; dan
    6. penyedia layanan eksternal yang kami atau anggota HSBC Group gunakan untuk tujuan-tujuan yang disebut dalam paragraf d.9 diatas.

Pemindahan ke luar negeri

f. Data dan informasi Anda serta mengenai individu-individu yang terkait dengan bisnis Anda dapat dipindahkan ke dan disimpan di lokasi di luar Indonesia, termasuk negara-negara yang mungkin tidak memiliki tingkat perlindungan informasi pribadi yang sama. Ketika kami melakukan hal tersebut, kami akan memastikan bahwa lokasi atau negara tersebut memiliki tingkat perlindungan yang sesuai dan bahwa pemindahan tersebut sah. Kami dapat perlu memindahkan informasi dengan cara ini untuk melaksanakan kontrak kami dengan Anda, untuk memenuhi suatu kewajiban hukum, untuk melindungi kepentingan umum dan/atau untuk tujuan sah Anda atau kami. Di beberapa negara, hukum yang berlaku dapat mengharuskan kami untuk memberikan informasi tertentu (sebagai contoh, kepada otoritas pajak). Walaupun demikian, kami hanya akan memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berhak melihat informasi tersebut dan kami akan lakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berapa lama kami akan menyimpan data dan informasi pribadi Anda

Kami akan menyimpan data dan informasi pribadi sejalan dengan kebijakan retensi data kami serta peraturan perundung-undangan yang berlaku. Hal ini membuat kami dapat mematuhi ketentuan-ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

Kami dapat perlu menyimpan data dan informasi pribadi Anda untuk waktu yang lebih lama ketika kami memerlukan informasi tersebut untuk mematuhi ketentuan peraturan atau hukum atau ketika kami memerlukannya untuk tujuan sah kami (sebagai contoh, untuk membantu kami menanggapi pertanyaan atau keluhan, perlawanan terhadap penipuan dan kejahatan keuangan, menanggapi permintaan dari regulator, atau untuk mengelola rekening Anda dan untuk urusan terkait sengketa atau kekhawatiran apapun yang dapat timbul).

Jika kami tidak perlu menyimpan informasi untuk periode waktu tertentu, kami dapat memusnahkan, menghapus atau menganonimisasi data and informasi tersebut lebih cepat.

Ketika Anda menerima produk dan layanan dari pihak ketiga (misalnya, asuransi) yang diperkenalkan oleh HSBC kepada Anda dengan persetujuan Anda, pihak ketiga tersebut dapat menyimpan data dan informasi Anda, serta data dan informasi mengenai individu-individu yang terkait dengan bisnis Anda, sesuai dengan syarat dan ketentuan tambahan yang berlaku terhadap produk dan layanan mereka.

Penggunaan Data dalam Pemasaran Langsung

h. Ketika Anda adalah nasabah, kami dapat menggunakan data untuk kegiatan pemasaran langsung. Untuk tujuan tersebut, kami akan terlebih dahulu meminta persetujuan Anda secara terpisah dan secara tertulis. Harap dicatat bahwa:

  1. nama, informasi kontak, informasi produk dan informasi portofolio layanan lainnya, pola dan tingkah laku transaksi, latar belakang keuangan dan data demografi Anda yang kami pegang dari waktu ke waktu dapat kami gunakan dalam kegiatan pemasaran langsung tersebut;
  2. jenis-jenis produk, layanan dan subyek yang dapat dipasarkan adalah berikut:
    1. produk dan layanan keuangan, asuransi, kartu kredit, perbankan dan produk serta layanan terkait:
    2. program reward, loyalti, co-branding atau privileges dan produk dan layanan terkait;
    3. produk dan layanan yang ditawarkan oleh rekanan co-branding kami (nama-nama rekanan co-branding tersebut akan diberikan ketika proses permohonan untuk produk dan layanan yang terkait, sebagaimana dapat terjadi); dan
    4. donasi dan sumbangan untuk tujuan sosial dan/atau nirlaba;
  3. produk-produk, layanan-layanan dan subyek-subyek di atas dapat disediakan atau (dalam hal donasi dan sumbangan) dimintakan oleh kami; dan/atau
    1. anggota HSBC Group;
    2. institusi keuangan pihak ketiga, penyedia asuransi, perusahan kartu kredit, penyedia layanan sekuritas dan investasi;
    3. penyedia program reward, loyalti, co-branding atau privileges pihak ketiga;
    4. rekanan co-branding kami atau anggota HSBC Group (nama-nama rekanan co-branding tersebut akan diberikan ketika proses permohonan untuk produk dan layanan yang terkait, sebagaimana dapat terjadi); dan
    5. organisasi sosial atau nirlaba;
  4. selain memasarkan produk, layanan dan subyek tersebut di atas oleh kami sendiri, kami dapat memberikan data yang diuraikan dalam paragraf h.1 di atas kepada seluruh atau orang manapun yang diuraikan dalam paragraf h.3 diatas untuk mereka gunakan dalam memasarkan produk, layanan dan subyek tersebut, dan kami harus mendapatkan persetujuan Anda untuk tujuan tersebut, persetujuan mana akan dimintakan sebelumnya secara terpisah dan tertulis oleh kami.

Apabila Anda tidak ingin kami tetap menggunakan atau memberikan data Anda kepada orang lain untuk digunakan dalam kegiatan pemasaran langsung sebagaimana diuraikan di atas, Anda dapat menarik kembali persetujuan Anda dengan menyampaikan pemberitahuan kepada kami sebagaimana yang disampaikan dalam Pernyataan ini.

Pemindahan Data ke Penyedia Layanan Pihak Ketiga Menggunakan Application Programming Interfaces (API)

Kami dapat, sesuai dengan instruksi Anda kepada kami atau penyedia jasa pihak ketiga yang Anda gunakan, memindahkan data Anda kepada penyedia jasa pihak ketiga tersebut dengan menggunakan API kami untuk tujuan yang diberitahukan kepada Anda oleh kami atau penyedia jasa pihak ketiga dan/atau sebagaimana yang telah Anda setujui.

Penyediaan Data Orang Lain

Sebelum Anda (atau siapapun yang bertindak atas nama Anda) memberikan data dan informasi mengenai individu yang terkait denga bisnis anda kepada kami, atau kepada anggota dari HSBC Group, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki kepentingan yang sah, tujuan yang sah atau persetujuan dari individu terkait untuk tujuan tersebut. Tindakan Anda memberikan data dan informasi tersebut akan dianggap sebagai penegasan Anda atas adanya hal-hal tersebut. Anda juga harus memastikan bahwa mereka telah menerima Pemberitahuan ini, yang menerangkan bagaimana cara data dan informasi mereka akan diproses dan hak-hak mereka terkait dengan data dan informasi mereka.

Hak-Hak terkait Data Pribadi

k. Setiap individu berhak:

  1. memeriksa apakah kami memiliki data tentang individu tersebut dan mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan pemrosesan data dan akutabilitas kami terkait data tersebut;
  2. mendapatkan akses terhadap dan memperoleh salinan data tentang dirinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. meminta HSBC untuk melengkapi, memperbarui dan/atau memperbaiki kesalahan atau ketidakakuratan pada data tentang dirinya;
  4. menjamin kebijakan dan praktik HSBC sehubungan dengan data dan mendapat informasi mengenai jenis data pribadi yang dimiliki oleh HSBC;
  5. untuk mengakhiri pemrosesan data tentang dirinya, menghapus dan/atau memusnahkan data tersebut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta untuk menarik kembali persetujuan pemrosesan data tersebut;
  6. mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pemrofilan, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada individu tersebut;
  7. menunda atau membatasi pemrosesan datanya secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan data tersebut;
  8. mendapatkan dan/atau menggunakan data tentang dirinya dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik serta menggunakan dan mengirimkan data tersebut ke pengendali data laiinya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan prinsip-prinsip perlindungan data pribadi berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku;
  9. sehubungan dengan kredit nasabah, meminta informasi mengenai jenis data yang secara rutin diungkapkan kepada badan penyedia referensi kredit atau agen penagih utang, dan akan menerima informasi lebih lanjut untuk memungkinkan pemberian akses dan permintaan perbaikan kepada badan penyedia referensi kredit atau agen penagih utang terkait.

Tidak ada hal apapun dalam Pemberitahuan ini yang membatasi hak-hak Anda atas data dan informasi pribadi Anda berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Pelaksanaan Hak Data Pribadi

HSBC menghormati dan akan selalu menghormati setiap dan seluruh hak yang diberikan kepada Anda sebagai subyek data pribadi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait perlindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia.

Permintaan terkait Hak Data Pribadi

Setiap permintaan terkait pelaksanaan hak-hak subyek data pribadi harus dilakukan dengan pengajuan secara lengkap formulir ini kepada kami, melalui surat tercatat, yang telah ditandatangani dengan sebagaimana mestinya oleh pejabat berwenang dari nasabah kami yang terdaftar dalam sistem HSBC pada saat pengajuan.

Dalam kasus-kasus tertentu, terdapat hak-hak subyek data / individu yang apabila dilaksanakan dapat membatasi kemampuan HSBC dalam menyediakan layanan perbankan tertentu, ataupun secara keseluruhan, kepada nasabah terkait, misalnya dalam hal penarikan persetujuan pemrosesan data, permintaan pengakhiran pemrosesan, menghapus atau memusnahkan data terkait. Hal ini dikarenakan HSBC memiliki keperluan untuk dapat memproses data dan informasi Anda, termasuk data dan informasi individu yang terkait dengan kegiatan usaha Anda, sebagai pemenuhan kewajiban-kewajiban kepatuhan kami, untuk mematuhi peraturan perundangan-undangan yang mengatuh HSBC dan/atau perusahaan-perusahaan dalam HSBC Group dan untuk mengungkapkan kepada regulator kami dan regulator serta otoritas lainnya. Hal tersebut dapat mencakup penggunaan informasi untuk membantu pendeteksian atau pencegahan kejahatan (termasuk pembiayaan terorisme, pencucian uang dan kejahatan keuangan lainnya). Kami hanya akan melakukan hal tersebut dengan dasar bahwa hal itu diperlukan untuk mematuhi suatu kewajiban hukum atau untuk kepentingan yang sah dari kami dan dari pihak lain atau untuk mencegah atau mendeteksi tindakan-tindakan tidak sah.

Pemberitahuan ini ini dibuat dalam dua bahasa, yaitu teks Bahasa Indonesia dan teks Bahasa Inggris. Dalam hal terdapat perbedaan antara kedua teks tersebut, maka yang berlaku adalah teks Bahasa Indonesia.

Pemberitahuan ini dapat diperbarui dari waktu ke waktu, dan Anda akan selalu dapat menemukan versi terbaru di situs ini.

Pembaruan terakhir: AGUSTUS 2024

PT Bank HSBC Indonesia berijin dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia dalam menjalankan usahanya di Indonesia. PT Bank HSBC Indonesia merupakan peserta penjaminan LPS.

Hubungi kami

Pertanyaan dan saran

1500237

atau

+62 21 25514777

(dari luar negeri)