• Inovasi & transformasi
    • Masa depan perbankan

HSBC Digital Solutions Mudahkan Pembayaran Lintas Batas

  • Artikel

Pembayaran lintas batas atau yang sering disebut cross-border payments, sering kali memiliki kesulitannya sendiri. Tak hanya perusahaan ekspor impor, bahkan individu yang mengirimkan uang ke luar negeri perlu melalui berbagai prosedur dalam melakukan transaksi internasional. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan peraturan di setiap negara, nilai tukar, serta waktu setelmen yang dipengaruhi zona waktu yang berbeda-beda.

Kebutuhan untuk melakukan transaksi internasional terus meningkat karena perdagangan dan ekonomi semakin mengglobal dan tanpa batas teritori. Di era ini, nasabah tak hanya menuntut pembayaran lintas batas yang aman, tetapi juga cepat dan nyaman.

Jika dilakukan secara manual, proses pembayaran lintas batas menjadi tidak efisien dan rawan kekeliruan. Solusi yang dapat menjawab kebutuhan mendesak tersebut yaitu digitalisasi pembayaran internasional.

Untungnya, pemerintah Indonesia sadar mengenai pentingnya hal ini. Sebagai ketua ASEAN tahun ini, Indonesia telah mendorong berbagai inisiatif untuk terciptanya kerangka kerja bersama dalam rangka menopang pembayaran digital lintas batas di wilayah ini.

Indonesia sendiri telah melakukan lompatan besar dalam hal digitisasi sistem pembayaran. Salah satu inisiatif paling bersejarah yaitu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada awal 2020. QRIS merupakan sistem QR Code terstandardisasi asli Indonesia, dan saat ini telah digunakan secara luas di seluruh wilayah Indonesia.

QRIS memungkinkan interoperabilitas antar bank dan penyedia layanan dompet elektronik (e-wallet). Biaya yang dikeluarkan pedagang pun lebih murah ketimbang menyediakan mesin electronic data capture (EDC) untuk pembayaran berbasis kartu. Bagi konsumen, QRIS menawarkan kemudahan pembayaran melalui ponsel sehingga memicu aktivitas jual-beli yang pada akhirnya menguntungkan pedagang.

Konsolidasi jaringan global dengan platform digital HSBC

Sebagai institusi keuangan terkemuka yang telah berpengalaman di ASEAN, HSBC memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kawasan ini. Berbekal kekuatan tersebut, HSBC mampu menawarkan solusi untuk menjawab permasalahan dunia usaha dalam melakukan transaksi lintas batas di ASEAN.

Dengan pengalaman lebih dari satu abad, HSBC menawarkan beragam produk yang dapat membuat proses pembayaran internasional lebih efisien. HSBC memiliki jangkauan berskala global yang dapat membantu nasabah untuk mengakses sistem perbankan internasional dan berbagai mata uang asing dengan mudah. Dengan kelebihan ini, HSBC menyederhanakan proses pembayaran lintas batas.

HSBC menggabungkan kekuatannya tersebut ke dalam HSBCnet, sebuah platform digital yang menjawab kebutuhan pembayaran internasional yang cepat, dapat diandalkan, aman, efisien, dan nyaman.

Nasabah dapat dengan mudah masuk ke akun HSBCnet melalui ponsel maupun komputer untuk mengelola transaksi keuangan kapan pun dan di mana pun mereka berada. Untuk para eksekutif, tentunya layanan ini dapat membantu mereka menghemat waktu.

Di dalam HSBCnet, nasabah dapat menggunakan HSBC UniTransact, sebuah layanan satu atap yang seamless. Layanan ini minim intervensi manual dan perbedaan nilai tukar dapat dilakukan dengan mudah melalui HSBCnet.

Kelebihan HSBCnet adalah layanan yang hemat tanpa biaya tersembunyi, serta memiliki antarmuka yang transparan dan inovatif sehingga proses pembayaran lebih sederhana. Nasabah juga akan menerima laporan dan bukti transaksi yang akurat, serta dapat mengecek posisi kas mereka secara real-time.

HSBCnet menggunakan SWIFT GPI, sebuah standar global untuk sistem pembayaran internasional guna memudahkan pelacakan pembayaran dari hulu ke hilir, yakni sejak dana dikirimkan hingga dana masuk ke akun bank penerima.

Fitur lainnya, yaitu SWIFT GPI Pre-validation, yang membantu nasabah HSBC melakukan verifikasi data penerima dana sebelum melakukan transaksi. Fitur ini meminimalisasi kekurangan data penerima atau mendeteksi kesalahan data lebih awal sehingga nasabah dapat melakukan pembayaran dengan lebih tenang.

HSBC juga menawarkan layanan Global Disbursement, yang membantu pembayaran internasional dengan mata uang tersier dan mencakup hingga lebih dari 130 mata uang. Seluruh kenyamanan tersebut tentunya didukung oleh teknologi digital yang berbasis keamanan data.

Nasabah dapat merasa tenang dan aman karena akun bisa diakses dengan teknologi identifikasi biometrik serta verifikasi multilangkah. Bagi HSBC, kepuasan nasabah adalah nomor satu sehingga menciptakan rasa aman dan tenang bagi nasabah merupakan bagian penting dari inovasi digitalnya yang paling mutakhir. (ism)

HSBC Contact

Hubungi kami

Bicara, telepon atau buat perjanjian